SEJARAH PURA

SEJARAH SINGKAT PURA DALEM AGUNG

Pura Dalem Agung merupakan pura dalem kawitan dari prati sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan, yaitu Patih Agung dari Adi Pati Bali, Dalem Ketut Sri Kresna Kepakisan, yang beristana di samprangan Bali dari tahun 1352 – 1380 Masehi, Pura Dalem Agung di bangun oleh Pasemetonan Shri Nararya Kreshna Kepakisan, dibawah pimpinan Kyai Agung Petandakan, Patih Agung dari Dalem Sri Aji Waturenggong, yang memerintah dari Gelgel pada tahun 1460 – 1558 Masehi. Pada awal abad ke -16 dinamai Pura Dalem Dukuh, karena berlokasi didaerah pedukuhan. Yang distanakan di pura Dalem Dukuh adalah Ida Betara Kawitan Shri Nararya Kreshna Kepakisan. Pada saat itu yang memimpin tata cara upacara keagamaan adalah Dang Hyang Nirarta yang datang ke Bali pada tahun 1489 Masehi. Pada jaman pemerintahan Dalem Shri Pemayun Bekung di Gelgel pada tahun 1558 – 1580 masehi, terjadi gerakan mebalik dari Kyai Agung Batan Jeruk dan kemudian gugur di Desa Pemayong pada tahun 1489 Masehi, jabatan Patih Agung di pegang oleh Kyai Agung Manginte. Pada akhir abad ke -16 Masehi, Kyai Agung Dimade mengadakan penyempurnaan bangunan pelinggih di Pura Dalem Dukuh, dengan mendirikan lagi sebuah gedong tempat stana Ida Pangeran Made Asak yang seda di Kapal. Dan Untuk mengenang panugrahan Ida Betara Dalem Dukuh di kapal, dimana Ida sering melakukan semedi. Sebagai pengganti kedudukan Dalem Dimade yang telah mengungsi ke Dalem Bulian Bangli, Kyai agung Dimade menduduki tahta Kerajaan Gelgel dengan Abhiseka I Gusti Agung Maruti 1651-1677 Masehi. Pada tahun 1677 Masehi, pasukan I Dewa Jambe Putra Dalem Dimade dapat menaklukan pasukan I Gusti Agung Maruti dan diikuti oleh pengikut beliau yang masih setia, I Gusti Agung Maruti mengundurkan diri kedaerah Jimbara pada tahun 1677 Masehi. Mulai saat itu pura Dalem Dukuh dijaaga dan di emong oleh sekelompok Prati Sentana Treh Ida Betara Kawitan Pangeran Nyuh Aya dengan cara nyineb wangsa. Mereka kini sudah terhimpun dalam suatu badan yaitu Banjar Dukuh Nyuh Aya di Desa Gelgel.

Pada tahun 1963 Masehi, Terjadi bencana alam yaitu meletusnya Gunung Agung, laharnya menghanyutkan Pura Ddalem Dukuh dan Pura – Pura lainnya. Tapakan Ida Betara Kawitan berupa Pratima pernah distanakan untuk sementara di puri Keramas.

Pada tahun 1983 Masehi, para penggagas pemugaran menghadap para pemikir seperti : Puri mengwi, Keramas, Medahan, Jembrana, Karangasem, Ubud dan lain-lainya, dengan tujuan menyatukan kembali Prati Sentana dari Ida Betara Kawitan dengan berlandaskan pada Srada dan Bakti terhadap leluhur. Pada tanggal 9 Desember1984 mulai melkukan persiapan-persiapan dan baru pada tanggal 1 Maret 1985 Mulai Melaksanakan Upacara pengruak dari Mulai Melaksanakan pembangunan fisik, mulai sejak itu berdatanganlah Prati Sentana Ida dari seluruh Bali ngaturang Bakti ring Ida Betara Kawitan. Untuk mengantisipasi perkembangan pasemetonan maka dibentuklah kepengurusan Pusat sampai kabupaten/kota seBali. Setelah berjalan 10 tahun tepatnya pada tanggal 12 Nopember 1994 Pasemetonan dapat merampungkan pemugaran  dan pada saat itu diadakan upacara agung memungkah dan ngeteg linggih. Pada waktu itu diadakan :

1. Menstanakan kembali Ida Betara Kawitan Shri Nararya Kreshna Kepakisan pada bangunan pelinggih meru tumpang sia, sedangkan leluhur yang dilainnya distanakan di gedong dalem diantaranya, Pangeran Nyuh Aya, Pangeran Asak dan para leluhur lainnya yang meninggal di Gelgel.

2. Mengganti nama Pura kawitan dari Pura Dalem Dukuh menjadi Pura Dalem Agung Kawitan Prati Sentana Shri Nararya kreshna Kepakisan.

3. Sebagai Pengemong adalah Prati Sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan.

4. Hari pujawali atau hari piodalan adalah tetap dilaksnakan pada hari Tumpuk Saninscara Kliwon Wuku Kuningan dan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Diringkas dan disjikan oleh

I Gusti Agung Made Nami

14 Responses to SEJARAH PURA

  1. Kelet AK says:

    Tityang semeton Akepakan saking Buleleng,desa Kaliasem.Tolong di info jika ada kegiatan- kegiatan yang akan dilangsungkan di Dukuh,
    Suksma.

  2. I Gst. Agung Kade suriadi says:

    Om Swastiastu..Titiang saking semeton Puri Andul Jembrana, mohon info untuk mendapatkan sisililah Prati Sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan (berukuran kertas Manila A0 seperti yg di pajang di Bale Piasan didepan Pura Dalem Agung Shri Nararya kreshna Kepakisan)

    Suksma

    • Prana says:

      Om swastyastu.
      indik silsilah punike dados rereh ring Pengurus Pusat Pasemetonan I Gusti Agung Made Nami. dengan No tlp :0361-7443114.
      suksma

  3. d3xgunung says:

    Om swastiastu.
    Tiang semeton saking desa Jjelijih punggang./ pupuan / Tabanan,, merase liang bhagia tiang presida nemu utawi kecunduk sareng semeton ida dane sareng sami..

  4. Nick Kubing says:

    om swastiastu,
    tiang semeton saking Penaban, Karangasem, jagi metaken. napi lian babad pesemetonan dalem nyuh aya sane wenten ring Puri Kelodan sareng ring dalem agung,
    ampura niki titiang panjak alit ….

    • Prana says:

      Om Swastyastu.
      untuk info bapak bisa hubungi pelingsir kita I Gusti Agung Made Nami dengan no tlp : 03618988379 utawi 0361-7443114
      suksema…
      om shanti…shanti…shanti…Om..

  5. I Gusti Agung Putu Surya Oscardinata says:

    Om Swastiastu,
    Tiang prati sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan saking buleleng ,
    Tiang jagi metaken tentang silsilah Gusti padangkerta ,
    Setau tiang ring sisililah Prati Sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan sane wenten ring Bale Piasan Pura Dalem Agung Shri Nararya kreshna Kepakisan silsilah Gusti Padangkerta Dados ten melanjutin , nawi mawinan ??
    Mohon Info ..
    Suksma .
    Om Shanti,shanti,shanti Om

    • Prana says:

      Om Swastyastu.
      untuk info bapak bisa hubungi pelingsir kita I Gusti Agung Made Nami dengan no tlp : 03618988379 utawi 0361-7443114
      suksema…
      om shanti…shanti…shanti…Om..

  6. I Made Suwendra says:

    Om Swastiastu,
    Tiang prati sentana Shri Nararya Kreshna Kepakisan saking Medahan, Gianyar. Mangkin kari ring Jakarta, mohon info apakah sudah ada semacam majalah bulanan atau kalendar kegiatan?, Suksma.
    Om Santih Santih Santih Om.

  7. i made ardiasa says:

    titiang meparab kadek ardiasa .tityang metaken sareng penglisir pura kawitan ring dukuh kelungkung ,punapi kawentenan tityang ring banjar menega jembrana lan sapunapi kaitan dengan I agung maruti ,inggih asapunika indik petaken tityang ,tityang nunas ampura parindikan petaken punike

  8. gusti agung istri ratih mahacakri laksmi says:

    Ttyg semeton arya Satra saking perasi tengah karangasem Om Suwastiastu

  9. om swastyastu.
    tityang sri nararya kresna kepakisan
    saking kayuan klungkung (desa bakas).
    suksma

  10. I Gusti Agung Gede Saskara says:

    Om Suastyastu, Tityang I Gusti Agung Gede Saskara, saking Puri Kaleran Keramas Gianyar, sane mangkin tinggal ring Bogor, angayubagia titang haturkan majeng ring penglingsir pengurus Pusat Pasemetonan SNKK sampun mresidayang micayang informasi indik sejarah Pura, Silsilah lan sane tiosan, dumogi Pasemetonan SNKK semakin Guyub,astungkara

Leave a comment